Mengenal 5 Olahraga Paling Populer di Amerika Serikat

Illustration of most popular sports in the US
stars 2

Pernahkah kamu menyaksikan film Amerika yang bertema olahraga? Jika kamu menyadarinya, ada beberapa cabang olahraga yang sering kali diangkat menjadi sebuah tema film. Tidak mungkin tanpa alasan para pembuat film memilih cabang olahraga tersebut. Setidaknya mereka akan mempertimbangkan jumlah peminat cabang olahraga tersebut.

Nah, pada artikel kali ini, kami ingin mengajak kamu untuk mengenal cabang olahraga paling populer di Amerika Serikat. Cabang-cabang olahraga ini menjadi olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat Amerika. Yuk, baca terus!

Sepak Bola Amerika (American Football)

Sepak Bola Amerika, yang selanjutnya akan kita sebut American Football, merupakan olahraga nomor satu di Amerika Serikat. Melansir dari USA Sports, American Football dibuat pada abad ke-19.

The popular sport, American Football.
Sumber: Freepik

Banyak perdebatan yang dilalui karena olahraga ini tidak seperti sepak bola yang dikenal pada umumnya. American Football dianggap kombinasi antara sepak bola dan rugby. Pada akhirnya, olahraga ini dimainkan dengan cara mengoper, menendang, dan berlari dengan bola berbentuk oval di lapangan sepanjang 100 yard.

Salah satu liga football profesional yang paling terkenal adalah National Football League (NFL). Tepat pada pertandingan musiman NFL di 2021, jumlah penonton mencapai angka 26 juta penonton. Hal ini membuktikan betapa populernya olahraga ini di kalangan masyarakat Amerika Serikat.

Kepopuleran olahraga ini juga mengikat para pemuda-pemudi Amerika Serikat untuk menjadi atlet profesional American Football. Banyak pelajar yang memulai pengalamannya dengan mengikuti klub football di sekolah atau kampusnya sebelum bergabung ke liga profesional.

Baseball

Dianggap sebagai “hobi nasional”, baseball (bisbol) juga merupakan salah satu olahraga paling populer di Amerika Serikat. Selama lebih dari 150 tahun, baseball telah menjadi bagian dari budaya dan tradisi masyarakat Amerika Serikat. 

A set of baseball equipment.
Sumber: Freepik

Awalnya, di tahun 1700-an baseball merupakan permainan anak-anak asal Inggris yang dikenal dengan nama rounders. Seiring waktu berjalan, permainan ini mulai menjamah Amerika Serikat dan dimainkan dengan versi yang berbeda. Hingga pada tahun 1845, peraturan penggunaan seragam mulai diberlakukan. Sejak saat itu, liga profesional juga mulai terbentuk.

Secara ajaib, baseball memiliki tempat spesial di hati masyarakat Amerika. Dimainkan ketika masa kanak-kanak, disaksikan dan dinikmati ketika dewasa, baseball mampu membawa sejarah yang membuat pecinta baseball dari segala kalangan bernostalgia. Selain itu, olahraga ini juga terbukti dapat dimainkan oleh semua ras dan jenis kelamin dan dapat dimainkan di mana pun selama adanya lapangan terbuka.

Liga nasional baseball di Amerika dikenal sebagai Major League Baseball (MLB). Hingga saat ini, masih banyak penggemar yang terus menikmati pertandingan setiap musimnya.

Bola Basket (Basketball)

Mengikuti football, bola basket juga termasuk olahraga paling populer di Amerika Serikat. Melansir dari Statista Consumer Insights, 79% orang dewasa menikmati football, diikuti dengan basket sejumlah 61%. Namun, di kalangan orang-orang muda, bola basket hampir menjadi olahraga nomor satu yang paling digemari, seperti grafik di bawah ini. 

Infographic: Football Remains No.1 But Sees Lead Fading Among Young Fans | Statista

Basket pertama kali dimainkan pada tahun 1891, kemudian pada tahun 1898 liga bola basket pertama dibentuk dengan nama National Basketball League (NBL). Namun, kejadian The Great Depression pada tahun 1930-an merugikan para pemain basket profesional. Sejak saat itu, terjadi perseteruan antara pengelola asosiasi basket dengan presiden Boston Garden. 

Pada akhirnya, Basketball Association of America (BAA) dan NBL bergabung di tahun 1949 untuk membentuk National Basketball Association (NBA). Hingga saat ini, diketahui NBA memiliki 30 tim basket (20 tim di Amerika dan 1 tim di Canada). Secara keseluruhan, diketahui ada 26 juta individu yang ikut memainkan olahraga ini.

Basketball, one of popular sports in the US.
Sumber: Freepik

Hoki Es (Ice Hockey)

Selanjutnya adalah hoki es (ice hockey). Olahraga ini juga dianggap olahraga yang cukup populer di Amerika Serikat. Meskipun tingkat kepopulerannya masih di bawah football dan baseball, namun banyak masyarakat Amerika yang turut menikmati olahraga ini, terutama di Amerika bagian utara dan Canada. Olahraga yang cukup unik ini dimainkan di dalam arena es oleh dua team berlawanan yang terdiri dari 6 pemain.

The popularity of ice hockey in the US.
Sumber: Freepik

Organisasi nasional pertama dari cabang olahraga hoki ini adalah Amateur Hockey Association (AHA) of Canada, yang terbentuk pada 1885 di Montreal. Pada tahun yang sama, liga hoki pertama diadakan di Kingston hanya dengan 4 tim (Klub Hoki Kingston, Klub Universitas Queen, Atletik Kingston, dan Kampus Royal Military) yang ikut berpartisipasi.

Pada tahun 1917, terbentuklah National Hockey League (NHL) yang menjadi liga hoki profesional terkemuka di dunia. Saat ini, telah ada 31 tim hoki yang berpartisipasi dalam NHL. Tim-tim terbaik akan lanjut ke babak play-off untuk memperebutkan Piala Stanley, yang dianggap oleh Federasi Hoki Es Internasional sebagai salah satu kejuaraan terpenting yang ada untuk olahraga ini.

Sepak Bola (Soccer)

Soccer (sepak bola) merupakan olahraga paling populer di dunia. Namun, jika dibandingkan footbal, baseball, dan basket, sepak bola masih kalah populer.

Soccer in the US.
Sumber: Freepik

Liga utama sepak bola di Amerika Serikat yang dikenal dengan Major League Soccer (MLS) muncul setelah dua tahun diadakannya Piala Dunia 1994 di Amerika. Sejak saat itu, kepopuleran sepak bola di masyarakat Amerika Serikat mulai meningkat. Serupa dengan bola basket, kepopuleran sepak bola lebih diminati oleh orang-orang muda. Lebih dari setengah responden yang merupakan pecinta sepak bola berumur kurang dari 45 tahun.

Itulah kelima olahraga paling populer di Amerika Serikat. Jika kamu pecinta olahraga yang ingin berangkat ke Amerika, baik untuk sekolah atau bekerja, dan tertarik bergabung dalam komunitas olahraga, mungkin kelima olahraga di atas bisa menjadi pertimbangan.

Last but not least, di tanggal 4 Oktober 2024, @america akan mengadakan nobar yang cocok untuk kamu para pecinta film sekaligus olahraga. Kami akan memutarkan film Coach Carter yang menceritakan tentang seorang pelatih basket bernama Ken Carter yang kembali ke sekolah lamanya untuk melatih tim basketnya. Jangan sampai ketinggalan, cek detail acaranya di sini!

Acara Mendatang

stars

Artikel Terkait

Scroll to Top

Cari Acara

School Visit Request Form Submitted!

Thanks for your submission. Stay tuned in your email for updates!